NEWS
DETAILS
Selasa, 12 May 2015 09:57 - DRACS1 Yogya

Astra Motor Yogyakarta, Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas menggelar Regional Community Safety Riding Advisor Competition, Sabtu (9/5). Kompetisi ini merupakan kompetisi tahunan yang melibatkan anggota komunitas motor Honda yang bernaung dalam paguyuban motor Honda di wilayah Main Delaer Astra Motor Yogyakarta.

“Lima tahun terakhir ini Astra Motor Yogyakarta secara berturut-turut menggelar kompetisi safety riding pada tingkat regional. Selain sebagai media untuk meningkatkan ketrampilan berkendara di jalan raya, kompetisi ini juga menjadi sarana untuk mengukur perkembangan serta capaian teman-teman anggota komunitas motor Honda yang selama ini konsisten berlatih bersama tim Safety Riding Main Dealer ataupun berlatih secara mandiri,” ungkap Region Head Astra Motor Yogyakarta, Ronaldo Widjaja.

Regional Community Safety Riding Advisor Competition kelima ini digelar di lintasan Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta yang telah diresmikan oleh Kepala Korps Lalu Lintas POLRI, Irjen. Pol. Drs. Condro Kirono, MM, M.Hum sehari sebelumnya. Diikuti oleh lebih dari 25 perwakilan komunitas dibawah naungan Paguyuban Motor Honda Yogyakarta (PMHY) dan Paguyuban Motor Honda Magelang (PMHM) perhelatan ini berjalan dengan sangat kompetitif.

Melalui pelatihan-pelatihan yang konsisten digelar anggota komunitas motor Honda diajak untuk lebih mengenal aspek-aspek keselamatan berkendara, sikap dan perilaku yang harus diperhatikan saat berkendara di jalan raya, hingga teknik-teknik mengendarai sepeda motor yang aman bagi diri sendiri ataupun orang lain. Untuk menghadapi kompetisi safety riding, dalam pelatihan tersebut diperkenalkan pula jenis-jenis kategori penilaian yang digunakan dalam kompetisi di berbagai jenjang. Kategori-kategori penilaian tersebut antara lain meliputi narrow plank, slalom pylon, braking, dan slalom course.

Nur Wahid Hidayat selaku Sekretaris Paguyuban Motor Honda Yogyakarta (PMHY) sekaligus Community Safety Riding Advisor mengungkapkan, peserta kompetisi tingkat regional tahun 2015 jauh lebih siap dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan karena kesadaran masing-masing komunitas yang secara mandiri berlatih serta menggelar seleksi mandiri di masing-masing komunitas. Sehingga peserta yang dikirimkan ke dalam kompetisi tingkat regional sudah benar-benar siap.

Sama seperti tahun 2013 dan 2014, Regional Community Safety Riding Advisor Competition 2015 menggunakan unit Honda CB150R Streetfire. Sepeda motor sport yang dibekali dengan mesin DOHC berkapasitas 150 cc terbukti sangat responsif dan memiliki kemampuan akselerasi yang baik. Kombinasi fitur truss frame (trellis) dan sistem lengan ayun suspensi tunggal tipe Pro-Link yang dimiliki oleh Honda CB150R Streetfire membuat sepeda motor tersebut sangat nyaman, stabil, dan lincah saat digunakan untuk manuver. Sehingga kolaborasi antara anggota komunitas motor Honda yang terlatih dengan sepeda motor yang memiliki performa yang baik dapat mencapai hasil yang optimal dalam kompetisi ini.

Persiapan dan pencatatan data peserta di start frame wajib dilakukan oleh peserta sebelum memulai slalom pylon


Melalui tiga kategori penilaian yaitu narrow plank, slalom pylon, dan slalom course terpilih empat peringkat teratas untuk mengikuti pelatihan lanjutan tingkat regional training camp sebelum dipilih dua orang yang mewakili Region Jogja dalam kompetisi safety riding tingkat nasional yang rencananya akan digelar pada bulan Agustus tahun ini di Palembang.

Peringkat 1 diraih oleh Muhammad Bil Haidar dari Djogjakarta Riders Association of City Sport One (DRACS) ;

peringkat 2 atas nama Rifqi Luhur Magfuri dari Supra Mania Ngayogyokarto (SUMANTO) ;

peringkat 3 atas nama Khairul Afdalul Khasbi dari Ikatan Motor Tiger Yogyakarta (IMTY) ;

dan peringkat 4 atas nama Arif Setyo Widodo dari Jogja Blade Community (JBC).

“Pelatihan dan kompetisi yang digelar mulai dari level komunitas hingga level internasional Kami harapkan mampu menjadi pembangkit kesadaran komunitas motor Honda dan pengendara sepeda motor pada umumnya terhadap sikap, perilaku, dan ketrampilan teknis berkendara yang aman. Dengan usaha simultan dalam bentuk kolaborasi Honda dengan berbagai pihak mampu mewujudkan Indonesia yang tertib dan aman berlalulintas”, pungkas Ronaldo Widjaja.


[blackhopper]




RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK